Langsung ke konten utama

BUDAYA

Dalam pembahasan pengertian sejarah peradaban Islam ini, terdapat tiga konsep utama yang perlu di jelaskan terlebih dahulu, yaitu: “sejarah”, “peradaban”, dan “Islam”. Ketiga konsep tersebut pada gilirannya perlu dipahami sebagai suatu kesatuan konsep “sejarah dan peradaban Islam”.
1. Pengertian Sejarah
Secara etimologis pengertian sejarah dapat ditelusuri dari asal kata sejarah yang sering dikatakan berasal dari kata arab “syajarah”, artinya “pohon kehidupan”. Yang mana dalam bahasa Inggris disebut “history”, sebuah kata yang lebih popular untuk menyebut sejarah sebagai ilmu pengetahuan.
Adapun Definisi sejarah menurut pendapat beberapa ahli yang dapat dipaparkan adalah sebagai berikut:
a. Menurut Ibnu Khaldun.
Sejarah adalah catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak-watak masyarakat itu, seperti keliaran, keramah tamahan dan solidaritet golongan, tentang revolusi-revolusi dan pemberontakan-pemberontakan oleh segolongan rakyat melawan golongan yang lain dengan akibat timbulnya kerajaan-kerajaan dan negara-negara, dengan tingkat bermacam-macam, tentang bermacam-macam kegiatan dan kedudukan orang, baik untuk mencapai penghidupannya, maupun dalam bermacam-macam cabang ilmu pengetahuan dan pertukangan, dan padau mumnya tentang segala perubahan yang terjadi kedalam masyarakat karena watak masyarakat itu sendiri
b. Menurut Bauer
Sejarah ialah suatu ilmu pengetahuan yang berikhtiar untuk melukiskan dan dengan penglihatan yang simpatik menjelaskan fenomena kehidupan sepanjang terjadi perubahan karena adanya hubungan antara manusia terhadap masyarakatnya. Melihat dampaknya pada masa-masa berikutnya atau yang berhubungan dengan kualitas mereka yang khas dan berkonsentrasi pada perubahan-perubahan yang temporerdan di dalam hubungan terhadap yang tidak dapat diproduksi kembali.
c. Menurut Zidi Gazalba
Sejarah adalah gambaran masa lalu tentang manusia dan sekitarnya sebagai makhluk sosial yang disusun secara ilmiah dan lengkap, meliputi urutan fakta tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan kefahaman tentang apa yang telah berlalu itu.
d. Menurut Brenheim
Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki dan menceritakan fakta-fakta di dalam waktu temporer dan di dalam hubungan dengan perkembangan umat manusia dalam aktifitas mereka (baikindividu maupun kolektif) sebagai makhluk sosial di dalam hubungan sebab akibat.
Sejarah memiliki dua konsep. Konsep pertama, sejarah dengan pengertiannya (serangkaian peristiwa masa lampau) yang dapat memberikan pemahaman akan arti obyektif tentang masa lampau, adapun konsep kedua, (keseluruhan pengalaman manusia), yaitu sejarah menunjukkan maknanya yang subyektif, sebab masa lampau itu telah menjadi sebuah kisah atau cerita.
Adapun Karakteristik sejarah dapat dilihat dalam tiga orientasi yang saling berhubungan. pertama, sejarah merupakan pengetahuan mengetahui kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa dan keadaan-keadaan manusia di masa lampau dengan kaitannya dengan keadaan-keadaan masa kini.Kedua, sejarah merupakan pengetahuan tentang hukum-hukum yang tampak menguasai kehidupan masa lampau, yang diperoleh melalui penyelidikan dan analisis atas peristiwa-peristiwa masa lampau itu. Ketiga, sejarah sebagai falsafah yang didasarkan kepada pengetahuan tentang perubahan-perubahan masyarakat, dengan kata lain sejarah seperti ini merupakan ilmu tentang proses suatu masyarakat.
Sejarah yang memiliki karakteristik dan sebagai ilmu pengetahuan pasti mempunyai kegunaan. Diantara kegunaannya antara lain: pertama, untuk kelestarian identitas kelompok dan memperkuat daya kelompok itu. Kedua, sejarah berguna sebagai pengambilan pelajaran dan tauladan dari contoh-contoh di masa lampau. Ketiga, sejarah berfungsi sebagi sarana pemahaman mengenai hidup dan mati.
2. Peradaban
Pengertian pearadaban dalam bahasa Indonesia, kata peradaban sering kali dipahami sama artinya dengan kebudayaan. Akan tetapi dalam bahasa inggris terdapat perbedaan pengertian antara kedua istilah tersebut, yakni istilah civilization untuk peradaban dan culture untuk kebudayaan. Demikian pula dalam bahasaarab, dibedakan antara kata tsaqafah (kebudayaan), kata nadlarah (kemajuan), dan kata tamaddun (peradaban), bahkan dalam bahasa melayu istilah tamaddun dimaksudkan untuk menyebut keduanya. Peradaban dapatdiartikan menjadi dua: (1) proses menjadi berkeadaban, dan (2) suatu masyarakat manusia yang sudah berkembang atau maju.
3. Pengertian Sejarah Peradaban Islam
Dalam bahasa indonesia, kata peradaban seringkali dipahami sama artinya dengan kebudayaan. Akan tetapi dalam Bahasa Inggris terdapat perbedaan pengertian antara kedua istilah tersebut, yakni istilah civilization untuk peradaban dan culture untuk kebudayaan. Demikian pula dalam Bahasa Arab, berbeda pula antara kata tsaqafah (kebudayaan), dan hadlarahtamaddun(peradaban), bahkan dalam bahasa Melayu istilah tamaddun dimaksudkan (kemajuan), dan kata untuk menyebut keduanya. Hal seperti ini tidaklah menunjukkan perbedaan dari segi makna, Seperti yang dikatakan oleh Yusuf Qardhawi bahwa peradaban adalah “sekumpulan dari bentuk-bentuk kemajuan, baik yang berupa kemajuan bendawi, ilmu pengetahuan, seni, sastra, maupun sosial, yang terdapat pada suatu masyarakat atau pada masyarakat yang serupa”.
Islam merupakan sistem keyakinan dan kepercayaan serta aturan yang mengatur manusia dengan tuhannya dan manusia dengan manusia serta manusia dengan lingkungannya, maka makna peradaban Islam dibagi dalam tiga pengertiannya, pertama, kemajuan dan tingkat kecerdasan akal yang dihasilkan dalam suatu periode kekuasaan Islam, mulai dari periode nabi Muhammad saw. sampai perkembangan kekuasaan Islam sekarang. Kedua, hasil-hasil yang dicapai oleh umat Islam dalam lapangan kesustraan, ilmu pengetahuan, dan kesenian. Ketiga, kemajuan Islam atau kekuasaan Islam berperan melindungi pandangan hidup Islam.
Menurut A. R. Gibb, bahwa Islam sesungguhnya lebih dari sekedar agama, Ia adalah peradaban yang sempurna. Karena yang menjadi pokok kekuatan dan sebab timbulnya kebudayaan adalah agama Islam, kebudayaan yang ditimbulkannya dinamakan kebudayaan atau peradaban Islam.
Periodisasi peradaban Islam merupakan ciri bagi ilmu sejarah yang mengkaji peristiwa dalam konteks waktu dan tempat dengan tolok ukur yang bermacam-macam. Secara umum sejarah peradaban Islam, terbagi menjadi sepuluh periodisasi antara lain:
a. Periode Nabi Muhammad dan kebangkitan islam (571-632 M)
b. Periode Khulafa al-Rosyidin (632-661 M)
c. Zaman Bani Ummayyah (661-749 M)
d. Zaman Abbasiyah I (750-847 M)
e. Zaman Abbasiyah II (847-1055 M)
f. Zaman Abbasiyah terakhir (1055-1258 M)
g. Timur tengah setelah baghdad jatuh (1258-1520 M)
h. Timur tengah sampai abad -18 (1520-1800 M)
i. Timur tengah pada abad -19 dan ke-20 sampai perang dunia 1 (1798-1914 M)
j. Dunia islam sejak perang dunia 1 (1914-1968 M)
Menurut Prof. DR. H. N. Shiddiqi, ada beberapa pendapat yaitu: Tolak ukurnya adalah padasystem politik, hal ini biasanya digunakan pada sejarah konvensional, persoalan ekonomi (maju-mundurnya ekonomi) dalam sebuah negara, pada tingkat peradaban dan kebudayaan suatu bangsa, pada masuk dan berkembangnya suatu agama.
Menurut A. Hasymy (1978), periodisasi sejarah perkembangan Islam adalah sebagai berikut:
1) Permulaan Islam (610 -661 M)
2) Daulah Ammawiyah (661-750M)
3) Daulah Abbasiah I (750-847 M)
4) Daulah Abbasiah II (847-946M)
5) Daulah Abbasiah III (946-1075M)
6) Daulah Mughal (1261-1520M)
7) Daulah Mughal (1520-1801M)
8) Daulah Utsmaniah (1801-Sekarang)
Sedangkan menurut A. Hasymy, Harun Nasution (1975) dan Naurou zaman shidiqi (1986) membagi sejarah Islam menjadi tiga periode yaitu sebagai berikut :
a) Periode Klasik (650-1250 M)
b) Periode pertengahan (1250-1800 M)
c) Periode Moderen (1800 M-Sekarang)
B. Pandangan Barat Terhadap Kebudayaan dan Peradaban Islam
1. Kebudayaan
a. Pengertian Kebudayaan
Kebudayaan Menurut Edward B. Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat. Sedangkan menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan yang mana akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
b. Unsur-unsur kebudayaan
Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:
Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu: alat-alat teknologi, sistem ekonomi, keluarga, dan kekuasaan politik .
Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi: sistem norma yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya organisasi ekonomi. Alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama) organisasi kekuatan (politik).
2. Kebudayaan Islam
Secara umum arti kebudayaan yang sebenarnya ialah suatu hasil daya pemikiran dan pemerahan tenaga lahir manusia, ia adalah gabungan antara tenaga fikiran dengan tenaga lahir manusia ataupun hasil daripada gabungan tenaga batin dan tenaga lahir manusia. Apa yang dimaksudkan gabungan antara tenaga batin (daya pemikiran) dengan tenaga lahir ialah apa yang difikirkan oleh manusia itu terus dibuat dan dilaksanakan. Apa yang difikirkannya itu dilahirkan dalam bentuk sikap. Maka hasil daripada gabungan inilah yang dikatakan kebudayaan.
Jadi kalau begitu, seluruh kemajuan baik yang lahir ataupun yang batin walau dibidang apapun, dianggap kebudayaan. Sebab hasil daripada daya pemikiran dan daya usaha tenaga lahir manusia akan tercetuslah soal-soal politik, pendidikan, ekonomi, sastra dan seni, pembangunan dan kemajuan-kemajuan lainnya.
Dan kalau begitu pengertian kebudayaan maka agama-agama diluar Islam juga bisa dianggap kebudayaan. Ini adalah karena agama-agama seperti Budha, Hindu, Kristen (yang telah banyak diubah-ubah) itu lahir hasil dari pemikiran (ide-ide) manusia. Ia adalah ciptaan akal manusia.
Sebaliknya agama Islam tidak bisa dianggap kebudayaan sebab ia bukan hasil daripada pemikiran dan ciptaan manusia, bukan hasil budi dan daya (tenaga lahir) manusia. Agama Islam adalah sesuatu yang diwahyukan oleh Allah SWT.
Oleh sebab itu siapa yang mengatakan bahwa agama Islam itu kebudayaan maka dia telah melakukan satu kesalahan yang besar dan bisa jatuh murtad, karena dia telah mengatakan satu perkara mungkar, yang tidak seyogyanya disebut. Oleh karena itu, hendaklah kita berhati-hati. Begitu banyak sekali ahli kebudayaan pada masa ini menyuarakan dengan lantang bahwa Islam adalah kebudayaan dengan alasan bahwa ia adalah cara hidup atau 'way of life' . AgamaIslam adalah bukan kebudayaan, sebab ia bukan hasil daripada tenaga fikiran dan tenaga lahir manusia.
Agama Islam adalah wahyu dari Allah swt. yang disampaikan kepada Rasulullah saw.yang mengandung peraturan-peraturan untuk jadi panduan hidup manusia agar selamat di dunia dan akhirat. Tetapi agama-agama diluar Islam memang kebudayaan, sebab agama-agama tersebut adalah hasil ciptaan manusia daripada daya pemikiran mereka, daripada khayalan dan angan-angan.
Seperti sudah kita lihat, keluhuran hidup Muhammad adalah hidup manusia yang sudah begitu tinggi sejauh yang pernah dicapai oleh umat manusia. Hidup yang penuh dengan teladan yang luhur dan indah bagi setiap insan yang sudah mendapat bimbingan hati nurani, yang hendak berusaha mencapai kodrat manusia yang lebih sempurna dengan jalan iman dan perbuatan yang baik. Dimana pulakah ada suatu keagungan dan keluhuran dalam hidup seperti yang terdapat dalam diri Muhammad ini, yang dalam hidup sebelum kerasulannya sudah menjadi suri teladan pula sebagai lambang kejujuran, lambang harga diri dan tempat kepercayaan orang. Demikian juga sesudah masa kerasulannya, hidupnya penuh pengorbanan, untuk Allah, untuk kebenaran, dan untuk itu pula Allah telah mengutusnya. Suatu pengorbanan yang sudah berkali-kali menghadapkan nyawanya kepada maut. Tetapi, bujukan masyarakatnya sendiri pun yang dalam gengsi dan keturunan ia sederajat dengan mereka yang baik dengan harta, kedudukan atau dengan godaan-godaan lain mereka tidak dapat merintanginya.
Namun begitu walaupun agama Islam itu bukan kebudayaan tetapi ia sangat mendorong (bahkan turut mengatur) penganutnya berkebudayaan. Islam bukan kebudayaan tapi mendorong manusia berkebudayaan. Islam mendorong berkebudayaan dalam berfikir, berekonomi, berpolitik, bergaul, bermasyarakat, berpendidikan, menyusun rumah tangga dan lain-lain. Jadi, sekali lagi dikatakan, agama Islam itu bukan kebudayaan, tapi mendorong manusia berkebudayaan. Oleh karena itu seluruh kemajuan lahir dan batin itu adalah kebudayaan maka dengan kata-kata lain, Islam mendorong umatnya berkemajuan.
3. Pandangan Barat Terhadap Kebudayaan dan Peradaban Islam
Islam merupakan agama resmi 52 negara dunia dan dari segi universalitas tidak terbatas pada wilayah geografi tertentu. Islam bukan sebuah agama yang hanya terbatas pada teori , tapi sebuah ideologi dan pesan. Para pengikut agama ini telah tersebar ke seluruh penjuru dunia dan jumlah mereka di tengah masyarakat dengan mayoritas Muslim sekitar 800 juta orang. Selain itu, sekitar 400 juta Muslim juga berpencar di belahan bumi lain. Meski demikian, sepanjang sejarah Islam di Barat telah mengalami kesalahan penafsiran.
Tanpa ragu lagi, Islam adalah sebuah agama yang datang membawa perdamaian dan keadilan, tapi menurut perspektif Barat, Islam dicitrakan sebagai agama perang dan fanatis. Semua mengetahui fakta sejarah bahwa ketika Muslim menguasai dunia dalam waktu yang lama, peradaban Islam telah menciptakan perdamaian dan keamanan bagi seluruh masyarakat dunia bahkan untuk selain Muslim. Faktanya dunia Islam telah menghadirkan tempat tinggal dan rumah bagi para gelandangan di seluruh dunia khususnya benua Eropa.
Di sini saya ingin mengutip pandangan Robert Briffault dalam bukunya “Making of Humanity” yang telah melakukan penelitian dan riset tentang masyarakat dan negara-negara Islam beserta statistik mereka. Ia berpendapat bahwa pemerintahan Tuhan di Timur tidak ditegakkan atas dasar penindasan atau pemaksaan. Di dunia Timur kita tidak menyaksikan penentangan terhadap ide-ide cemerlang dan perang abadi terhadap revolusi pemikiran sebagaimana yang lazim kita temukan di Eropa dan di masa lalu sering terjadi di Yunani dan Roma.
William Muir, sejarawan tersohor juga membenarkan bahwa keadilan dan kasih sayang kerap ditemukan dalam penaklukan-penaklukan yang dilakukan Islam dan ini berbeda dengan fanatisme dan penindasan yang dipertontonkan oleh tentara Romawi dalam kasus yang sama. Kaum Kristen Suriah pada masa kejayaan Arab menikmati kemajuan dan kebebasan berkreasi yang lebih besar hingga pada masa kekuasaan Hercules, mereka juga tidak pernah bermimpi untuk kembali ke negara asalnya di Eropa. Kondisi itu mengalami perubahan ekstrim di bawah pemerintahan imperialis Barat. Dunia Islam selama tiga dekade berada di bawah penjajahan dan selama masa itu, secara umum bangsa-bangsa di dunia ketiga dan terutama di dunia Islam mengalami penyiksaan dan penindasan oleh kekuatan-kekuatan imperialis.
Arnold Toynbee secara jelas menyatakan bahwa dalam konfrontasi antara dunia dan Barat yang dimulai sejak sekitar 400 atau 500 tahun sebelumnya dan masih berlanjut hingga sekarang, dunialah yang memiliki pengalaman bernilai dan bukan Barat. Bukan Barat yang menjadi objek serangan dunia, tapi dunia yang menjadi target agresi Barat sampai-sampai Barat dilukiskan sebagai agresor pertama era modern.
Dalam sebuah kalimat bernada menghina dikatakan bahwa di masa lalu dunia Islam dengan komunitasnya yang besar menerima pukulan berat dari Barat dan kini dikesankan sebagai bahaya bagi Barat. Satu-satunya dosa umat Islam adalah upaya mereka untuk menemukan kembali identitasnya dan membangun negaranya berlandaskan prinsip-prinsip Islam. Kesadaran umat Islam ini diinterpretasikan oleh Barat sebagai konfrontasi antara Islam dan Barat. Islam dikampanyekan dengan istilah yang paling negatif dan kegiatan mereka dinyatakan sebagai bahaya besar bagi Barat.
Asumsi Barat terhadap umat Islam patut disayangkan. Melabelkan Muslim dengan terorisme tentu saja jauh dari realita. Harus diakui ada gerakan kebangkitan Islam, namun Muslim sama sekali tidak punya program untuk menyerang siapa pun. Upaya mereka semata-mata untuk mempelajari teknologi dan sains sehingga dapat mengubah gaya hidupnya dalam naungan iman, nilai-nilai, dan tradisi. Umat Islam tidak punya niat untuk mengisolasi dirinya dari dunia luar. Sebaliknya mereka ingin hidup berdampingan dengan bangsa lain secara terhormat dan berwibawa sebagai sebuah anggota masyarakat yang layak dihormati.
Semangat Renaissance Islam berorientasi pada masa depan. Prinsip ini berbeda dengan pandangan-pandangan kelompok fundamentalis dalam Kristen. Hal ini mengindikasikan wawasan sempurna Muslim terhadap masalah modernitas dan kontradiksi teknologi. Poin yang perlu ditekankan di sini adalah kebangkitan Muslim merupakan penegaskan kembali terhadap pelestarian etika Islam dan mereka berupaya untuk mewujudkan keadilan sosial dan rasa percaya diri. Umat Islam telah belajar menata kehidupan sosial dan industrinya dengan pandangan baru dan itupun berdasarkan cita-cita dan prinsip-prinsip Islam. Kini mereka tengah berusaha mewujudkan sebuah sistem sosial baru yang menjamin perdamaian dan keadilan bagi seluruh penduduk bumi.
Kebangkitan Islam merupakan sebuah gerakan yang dinamis dan sepenuhnya selaras dengan tuntutan era modern. Sebenarnya, kompetisi nyata antara Islam dan Barat terletak pada perbedaan jenjang dua budaya dan peradaban, yang satu berdasarkan nilai-nilai Islam, sementara yang lain bersumber pada nilai-nilai materialisme, rasionalisme dan liberalisme.
Barat mungkin saja melabelkan kelompok agamis dengan sebutan golongan fanatis atau fundamentalis, tapi realitanya mereka tidak kembali ke masa lalu. Umat Islam ingin bergerak pada jalur yang lebih konstruktif dari pendahulu mereka. Mungkin saja pada tahap awal mereka menyesuaikan diri dengan pemerintah nasionalis, namun itu bukan cita-cita umat Islam. Pada dasarnya mereka sangat ingin menciptakan persatuan dan solidaritas yang lebih luas di tengah umat Islam dan membangun kerjasama yang lebih erat antara negara-negara Islam.
Sayangnya Barat memfokuskan diri pada kapasitas dan kekuatan potensial gerakan-gerakan Islam. Sebaliknya mereka berupaya mencoreng gerakan-gerakan Islam dengan sebutan fundamentalis, fanatis, dan anti-Barat. Mereka terjebak kesalahan fatal dalam memandang kelompok lain dan masalah ini tentu saja akan mempertajam friksi antara dua budaya dan peradaban. Pandangan tidak rasional Barat telah menyisakan kerugian besar bagi umat manusia. Penyampaian gambaran keliru tentang Islam mengakibatkan terjadinya transfer informasi tidak valid kepada masyarakat dan para politikus Barat terkait esensi pembaharuan Islam. Mereka terpaksa menilai Islam dari sudut pandang spesifik yang mencakup peristiwa-peristiwa sejarah yang tidak menyenangkan.
Memperhatikan gerakan pembaharuan Islam, perlu diingat bahwa fenomena itu juga memiliki dimensi politik. Gerakan pembaharuan Islam tidak punya orientasi anti-Barat. Mereka bukan pendukung Barat dan bukan juga anti-Barat, mereka hanya menentang tindakan-tindakan tercela warisan imperialis yang merupakan ancaman potensial terhadap hubungan ini. Perlu diingat bahwa jika Cina dan Amerika Serikat tanpa ada kesamaan dalam sistem politik dan ekonomi, mampu menjalin hubungan baik, maka Barat dan Islam juga perlu mengambil pelajaran dari cara hidup berdampingan ini. Namun masalah itu sangat bergantung pada pola pandang Barat terhadap fenomena pembaharuan Islam. Selama tidak ada upaya untuk membenturkan dua budaya dan peradaban yang berbeda, maka kehidupan damai dapat tercipta di dunia.
Jika kehidupan damai telah benar-benar tercipta, ada banyak peluang kesamaan yang akan tampak. Kesamaan-kesamaan itu merupakan modal untuk menyelesaikan problema-problema dunia di masa mendatang. Pertanyaannya, apakah kita siap hidup damai dengan seluruh budaya, agama dan bangsa-bangsa lain? Jika jawabannya positif, dunia akan punya masa depan yang cerah dan jika tidak, dunia kita akan tenggelam dalam kegelapan.


Komentar

POPULER

DOA PERESMIAN KANTOR BARU PT. RATU BAROKAH WAJIHAN

Bismillahirrohmanirrohim Alhamdulillahi robbil alamin, hamdan yuwafi ni’mahu wa yukafi maziidah ya robbana lakal hamdu kama yan baghi lijali wajhikal karim wa adzimi sultonik. Allahumma sholli ala Muhammad wa ala ali Muhammad, kama shollaita ala Ibrohim wa ala ali Ibrohim. Wa barik ala Muhammad wa ala ali Muhammad, fil alamina innaka hamidummajiid. Allahumma malikal mulki tu’til mulka mantasya’ wa tanziul mulka mimman tasya’, wa tuizzu man tasya’ wa tudzillu man tasya’u biyadikal khoir. Innaka ala kulli syaing qodir. Allahumma inna nas’aluka ilman nafiian wa rizqan thoyyiban wa amalan mutobbalan. Allahumma bariklana fi majilisina, Allahumma bariklana fi ma a’thoitana, Allahumma bariklana fi ma rozaqtana. YA ALLAH , YA RAHMAN YA RAHIM Kami agungkan asma kebesaran-mu ya rahman, karena engkau dzat yang maha mulia, kami tadahkan tangan kehadirat-mu ya rahim, karena engkaulah dzat yang maha mengabulkan doa. Ya Allah, pada saat ini kami telah melaksanakan acara

Berita Duka Cita STKIP Kusuma Negara (STKIP KN) Jakarta

Dr. H. Sugiharto, MM Innalillah wa inna ilaihi roji’un , telah berpulang ke sang pencipta diri dan kita semua Bapak kita Dr. H. Sugiharto, MM sebagai Ketua STKIP KN Jakarta pada hari Ahad sore tanggal 27 September 2015. Semoga Alloh SWT mengampuni semua dosa-dosa dan kesalahannya, mengasihi nya, dan memaafkan segala kelalaian nya. Dan semoga menerima amal bakti / jasa-jasanya pada kampus kita tercinta dan bukan lain Surga sebagai imbalannya... Aamiin ya Robbal alamin. Menurut Bapak Karya yang dihubungi via telepon mengungkapkan bahwa beliau Sakit, dan sekarang (senin, 27 September 2015) ada di rumah duka Cinere. Sekilas Profil Dr. H. Sugiharto, MM Dr. H. Sugiharto, MM menjadi ketua STKIP KN sejak tahun 1991 sampai sekarang, kurang lebih 24 tahun beliau menjadi ketua sekaligus bapak bagi teman-teman mahasiswa, beliau juga merupakan sosok yang sangat sayang terhadap semua anak didiknya. Dengan segudang prestasi dan pengalaman menjadikan STKIP KN semakin maju dalam segala bida

Tampil Trendy Dengan Baju Muslim Zaskia Sungkar

Sudah menjadi tradisi semua kalangan masyarakat Muslim Dunia khususnya di Indonesia, setiap menyambut hari kemenangan yang diprediksi pada tahun 2016 ini akan jatuh pada hari Rabu, 06 Juli 2016 yaitu hari lebaran Idul Fitri. Di sambut dengan berbagai hal-hal yang baru, jiwa yang baru, pikiran baru, tampilan rumah baru, dan juga pakaian baru. Beragam cara di lakukan oleh orang-orang dalam memenuhi kebutuhan baju lebarannya mulai dari mengunjungi mall terdekat, pedagang pakaian kaki lima, dan di pasar-pasar tradisonal dengan segala resiko kemacetan di jalan dan teriknya panas matahari tidak akan mereka dipedulikan. Tapi apakah tidak terpikir oleh kalian tentang model baju yang di jual hanya begitu-begitu saja alias model lama. Namun hal itu tidak masalah khusus untuk Anda yang super sibuk, tidak suka bermacet-macet ria, suka dunia muslim fashion, dan hobi belanja online,   Blibli akan menjawab kebutuhan   Model Baju Muslim Terbaru dari Zaskia Sungkar Collections spesial untuk A

Menabung di Bank atau Investasi plus Insurance 3i-Networks

Apa perbedaannya dengan kita menabung di bank? Kenapa kita harus berinvestasi di 3i-Networks? Pertama – tama marilah kita lihat perbedaan kalau kita menabung di BANK dan Investasi CARLink Pro Mixed. Dari gambar di bawah ini, kita bisa melihat perbedaan yang jauh sekali kalau kita menabung di BANK dan CAR. Nah, hitungan kasarnya begini : Rp. 350.000,- x 60 (5 tahun) = Rp. 21.000.000,- Rp. 21.000.000,- + Rp. 420.000,- = Rp. 21.420.000,- (kita anggap bunga bank 2% berarti Rp. 350.000 x 2% = Rp. 7.000,-; Trus Rp. 7.000,- x 60 = Rp. 420.000,-; yang mana sulit sekali tercapai di bank sekarang) Rp. 21.420.000,- – Rp. 600.000,- =  Rp. 20.820.000,-  (Kita anggap biaya admin bank Rp. 10.000 x 60) Dengan jumlah yang sama Rp. 350.000,- per bulan selama 5 tahun, uang yang kita tabung adanya malah berkurang, bukan bertambah.. dalam ilustrasi di atas, saya hitung dengan bunga tinggi 2% dan admin hanya Rp. 10.000,- saja, padahal kita semua mengetahui kalau bunga di bank 2 % adala

Kurang Lengkap Rasanya Tanpa Camilan dari Alfaonline.com

Makanan ringan (cemilan) sangat cocok untuk menemani Anda bersama orang-orang tersayang ketika santai di rumah, istirahat, nonton TV, dan liburan di akhir pekan. Namun, terkadang rasa malas menyelimuti diri untuk melangkahkan kaki ke Alfamidi terdekat. Tapi ga usah khawatir, Alfamidi menyediakan toko online yang cukup di akses melalui konekasi internet, yaitu Alfaonline Alfaonline.com adalah Toko Belanja Online, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dengan produk-produk pilihan seperti kebutuhan Groceries, Fashion, Peralatan elektronik, Peralatan rumah tangga, Handphone, Komputer & Laptop, Otomotif, Hobi & Gaya Hidup, Rumah & Dapur, Kesehatan & Kecantikan, Mainan anak-anak, Makanan Ringan & Minuman dan Peralatan olahraga. Salah satu diantara persembahan camilan dari Alfamidi adalah :   Alfamidi Pilus Keju 150g Camilan pilus persembahan Alfamidi yang diproduksi dengan rasa keju yang gurih untuk teman saat santai atau kumpul. Dibuat dari bahan-ba

Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)

A. Pengertian CTL Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari (Depdiknas,2004:18). Pembelajaran CTL terfokus pada perkembangan ilmu, pemahaman, keterampilan siswa, dan juga pemahaman kontekstual siswa tentang hubungan mata pelajaran yang dipelajarinya dengan dunia nyata. Pembelajaran akan bermakna jika guru lebih menekankan agar siswa mengerti relevansi apa yang mereka pelajari di sekolah dengan situasi kehidupan nyata dimana isi pelajaran akan digunakan. Pembelajaran CTL awalnya dikembangkan oleh John Dewey 1918 yang merumuskan kurikulum dan metodologi pembelajaran yang berkaitan dengan pengalaman dan minat siswa. B. Penerapan CTL Penerapan pembelajaran CTL di kelas melibatkan tujuh utama pembelajaran efektif, yaitu : a) Konstruktivisme (Cons

Snack Sehat Ada di Alfamart

Siapa yang tidak tahu manfaat dari buah pisang yang di kelola menjadi keripik pisang yang renyah? Siapa yang tidak kenal dengan makaroni panggang dengan rasanya yang gurih? Dan, Siapa yang tidak paham dengan pilus keju rasa yang nikmat? Semuanya ada dalam satu produk yang tersebar luas di seluruh minimarket Alfamart di Indonesia. Dengan harga yang terjangkau, dan sesuai dengan isi dompet. Anda sudah dapat menikmatinya dengan rasanya yang gurih, renyah, dan nikmat akan memanjankan lidah Anda. Apa saja snack sehat yang ada di Alfamart? Alfamart menyediakan 3 varian snack yang bisa Anda nikmati bersama keluarga, yaitu Keripik Pisang, Makaroni Panggang, dan Pilus Keju. Rasa manis, pedas dan gurih akan melengkapi varian rasa di lidah Anda. Di mana saja tempat untuk menikmati snack sehat ini? Sangat cocok untuk teman ngemil di rumah, di sekolah, di kampus, di kantin, di kantor, di tempat kerja, di taman, di tempat wisata, dan di teras rumah. Siapa saja yang bis

Air Sumber Kehidupan Yang Harus DiLestarikan Bersama

Situ Cikumpay Januari 2015 Air merupakan sumber kehidupan yang paling penting bagi makhluk hidup di muka bumi ini baik manusia, hewan maupun tumbuhan. Adanya air yang melimpah akan berdampak pada kesejahteraan lingkungan di sekitarnya, pepohonan yang tumbuh dengan rindang, keindahan lahan yang hijau membentang, lahan pertanian yang subur dan menghasilkan berbagai kebutuhan pangan dan sayuran, keperluan sehari-hari yang terpenuhi seperti memasak, mencuci, dan mandi. Air akan melimpah jika kondisi lingkungan di sekitar mendukung, seperti adanya tanah resapan atau penampungan yang cukup luas, banyaknya pohon-pohon yang tinggi, dan masih terpeliharanya daerah aliran sungai (DAS). Hal ini sangat berikaitan antara lingkungan dengan air, maka dari itu jaga dengan baik lingkungan yang ada di sekitar kita, minimal dengan menanam pohon di pekarangan rumah. Kerusakan lingkungan hidup dan sumber air biasa terjadi akibat ulah tangan-tangan manusia (oknum) yang tidak bertanggung jawab

Rekrutmen Pegawai BUMN Perum BULOG 2015 (Diploma III dan SMK)

Perum BULOG, Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang logistik pangan, memberi kesempatan kepada putra dan putri terbaik Indonesia yang memiliki potensi dan integritas tinggi untuk bergabung dan berkarir dalam lingkungan kerja yang kompetitif KUALIFIKASI YANG DIBUTUHKAN : Diploma III : 1.    Pemasaran 2.    Perpajakan 3.    Keuangan 4.    Akuntansi 5.    Manajemen 6.    Teknik Elektro 7.    Teknik Mesin 8.    Teknik Industri 9.    Teknik Pertanian 10. Teknik Informatika 11. Teknik Sipil 12. Teknik Arsitektur 13. Ilmu Komunikasi 14. Kearsipan 15. Administrasi Niaga 16. Sekretaris 17. Analis Kimia 18. Transportasi/Logistik SMK dengan Program Studi Keahlian : 1.    Teknik Mesin, dengan jurusan :  1.    Teknik Permesinan 2.    Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri 2.    Mekanisme Pertanian 3.    Agribisnis Pertanian denagn jurusan: Teknologi  Pengolahan Hasil Pertanian 4.    Administrasi dengan jurusan: Akuntansi 5.    

Hikmah Di Haramkannya Minuman Keras (Khomer)

Sebagai seorang hamba yang beriman kita harus mempunyai sifat patuh dan taat terhadap syari’at – syari’at Alloh SWT serta yakin bahwa setiap perintah dalam dien islam ini  semuanya mendatangkan mashlahat dan sebaliknya setiap larangan – larangan didalamnya pasti mendatangkan madharat bagi kehidupan manusia . Minuman keras (khomer)adalah salah satu hal yang diharamkan oleh syar’i,Alloh SWT berfirman:   يا أيها الذين آمنوا إنما الخمر والميسر والأنصاب والأزلام رجس من عمل الشيطان فاجتنبوه لعلكم تفلحون* إنما يريد الشيطان أن يوقع بينكم العداوة والبغضاء في الخمر والميسر ويصدكم عن ذكر الله وعن الصلاة فهل أنتم منتهون المائدة:90-91 Artinya: ”Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) kham

Postingan populer dari blog ini

Ingin Jadi Dosen Atau Guru! Kuliah Aja Di STKIP Kusuma Negara

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kusuma Negara terletak di Cijantung Jakarta Timur. Lokasi kampusnya sangat strategis, tidak jauh dari Komplek Kopassus dan Graha Mall Cijantung (pusat perbelanjaan di daerah Cijantung).  Bagi yang ingin menjadi guru atau dosen, STKIP Kusuma Negara bisa menjadi alternatif pilihan untuk dijadikan tempat menuntut ilmu. Ada program studi S1 bagi yang baru lulus SMA dan program studi pascasarjana (S2 dan S3). A.    Program Studi Program Pendidikan Sarjana (S1) : 1.     Pendidikan Bahasa Inggris (Terakreditasi B) - Terakreditasi B, SK. No. 012/BAN-PT/AK-IX/S1/VI/2008 2.     Pendidikan Matematika (Terakreditasi B) - Terakreditasi B, SK. No. 011/BAN-PT/AK-IX/S1/VI/2008 3.     Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) (Terakreditasi B) - Terakreditasi B, SK. No. 026/BAN-PT/AK-IX/S1/I/2006 4.     PG. Pendidikan Anak Usia Dini (PG. PAUD) (Terakreditasi) - Izin Kemendikbud No. 139/E/0/2013 B.    Biaya Pendidikan

KEAGUNGAN AKHLAK DAN BUDI PEKERTI

KEAGUNGAN AKHLAK DAN BUDI PEKERTI عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا (رواه الترمذي وأبو داود وأحمد) Artinya: Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda, “Kaum mukmin yang paling sempurna imannya adalah orang yang paling baik budi pekertinya (diantara mereka).” (HR. al-Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ahmad) Menurut Imam al-Tirmidzi, hadits ini diriwayatkan pula dari Aisyah dan Ibnu Abbas dengan kualitas hasan shahih. Apabila ditilik secara tekstual, hadits ini mengungkapkan hakikat manusia yang sebenarnya. Orang utama dan mulia bukanlah orang yang hanya memiliki harta kekayaan berlimpah dan jabatan yang prestisius. Tetapi, orang mulia lagi sempurna adalah orang yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur. Karenanya, Nabi Muhammad saw diutus ke muka bumi ini tiada lain untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. Ibarat bangunan yang terdiri dari tumpukan batu bata, beli

Hikmah Di Haramkannya Minuman Keras (Khomer)

Sebagai seorang hamba yang beriman kita harus mempunyai sifat patuh dan taat terhadap syari’at – syari’at Alloh SWT serta yakin bahwa setiap perintah dalam dien islam ini  semuanya mendatangkan mashlahat dan sebaliknya setiap larangan – larangan didalamnya pasti mendatangkan madharat bagi kehidupan manusia . Minuman keras (khomer)adalah salah satu hal yang diharamkan oleh syar’i,Alloh SWT berfirman:   يا أيها الذين آمنوا إنما الخمر والميسر والأنصاب والأزلام رجس من عمل الشيطان فاجتنبوه لعلكم تفلحون* إنما يريد الشيطان أن يوقع بينكم العداوة والبغضاء في الخمر والميسر ويصدكم عن ذكر الله وعن الصلاة فهل أنتم منتهون المائدة:90-91 Artinya: ”Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) kham

House Brand atau Private Label Alfamart ( HBPL Alfamart)

“House brand / private label adalah produk yang dikemas khusus dalam sebuah kemasan yang tertera identitas tempat yang menjualnya dan produk itu hanya dapat diperoleh di tempat tersebut.” Dari pengertian tersebut maka produk-produk HBPL Alfamart di cirikan dengan label “A” yaitu lambang dari Alfa Group, selain itu juga Alfamart mengeluarkan produk dengan label Paroti dan Scorlines. Alfamart menciptakan produk HBPL dengan tujuan untuk memberikan pilihan produk berkualitas baik dengan harga yang terjangkau kepada konsumen. Karena itu, produk-produk yang dikeluarkan oleh Alfamart adalah produk-produk yang dibuat oleh pabrik-pabrik besar dan terpercaya di bidangnya. Selain bekerjasama dengan produsen-produsen besar, Alfamart pun turut serta membantu para produsen kecil dengan skala UKM dalam memasarkan produk mereka. Hal ini dimaksudkan agar Alfamart berkembang dan maju bersama para pengusaha kecil sesuai dengan salah satu visi Alfamart yaitu pemberdayaan pengusaha kecil. Has

Mengatasi Gugup Pada Saat Sidang Skripsi

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri anda dalam jangka panjang, namun terkadang kita juga memerlukan langkah-langkah meningkatkan rasa percaya diri dalam waktu singkat. Anda rasanya tak bisa berjalan menuju sebuah pertemuan penting sambil membaca buku panduan mengenai kepercayaan diri, atau menelepon mentor anda pada menit-menit terakhir. Jadi dibawah ini saya mencoba mensharingkan kepada anda beberapa tips yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dengan cepat dalam hitungan detik : 1. Tersenyum Tersenyum merupakan tips 1 detik jika anda merasa gugup dan tidak percaya diri. Anda tidak hanya tersenyum jika anda merasa senang dan percaya diri, sebaliknya anda bisa tersenyum untuk membuat diri anda merasa lebih baik. Tersenyum berhubungan erat dengan perasaan positif sehingga hampir tidak mungkin anda merasa tidak enak ketika anda tersenyum. Tersenyum lebih dari sekedar menunjukkan ekspresi pada wajah anda. Tersenyum melepaskan hormon end

Memahami Kehamilan dan Hukum Selamatan Tujuh Bulanan Bagi Wanita Hamil

“Sesungguhnya setiap orang di antaramu dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya empat puluh hari berupa nutfah, kemudian menjadi segumpal darah, (empat puluh hari kemudian), kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula (40 hari berikutnya). Kemudian diutuslah kepadanya malaikat, lalu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan atasnya menuliskan empat hal; ketentuan rejekinya, ketentuan ajalnya, ketentuan amalnya, dan ketentuan celaka atau bahagianya …”   (HR. Bukhari dan Muslim) Kehamilan adalah periode yang didambakan oleh seorang istri di dalam berumahtangga (pasca menikah). Karena proses kehamilan merupakan fase yang harus dilalui untuk menghadirkan anak di dalam keluarga. Di atas telah disebutkan hadits-nya tentang proses janin di dalam perut ibu hamil sesuai dengan sabda Rasulullah Saw. Hadits tersebut di atas menjelaskan proses kejadian manusia: ·          40 hari pertama berupa nutfah atau cairan kental, ·          40 hari kedua menjadi ‘alaqah atau segumpa

DOA PERESMIAN KANTOR BARU PT. RATU BAROKAH WAJIHAN

Bismillahirrohmanirrohim Alhamdulillahi robbil alamin, hamdan yuwafi ni’mahu wa yukafi maziidah ya robbana lakal hamdu kama yan baghi lijali wajhikal karim wa adzimi sultonik. Allahumma sholli ala Muhammad wa ala ali Muhammad, kama shollaita ala Ibrohim wa ala ali Ibrohim. Wa barik ala Muhammad wa ala ali Muhammad, fil alamina innaka hamidummajiid. Allahumma malikal mulki tu’til mulka mantasya’ wa tanziul mulka mimman tasya’, wa tuizzu man tasya’ wa tudzillu man tasya’u biyadikal khoir. Innaka ala kulli syaing qodir. Allahumma inna nas’aluka ilman nafiian wa rizqan thoyyiban wa amalan mutobbalan. Allahumma bariklana fi majilisina, Allahumma bariklana fi ma a’thoitana, Allahumma bariklana fi ma rozaqtana. YA ALLAH , YA RAHMAN YA RAHIM Kami agungkan asma kebesaran-mu ya rahman, karena engkau dzat yang maha mulia, kami tadahkan tangan kehadirat-mu ya rahim, karena engkaulah dzat yang maha mengabulkan doa. Ya Allah, pada saat ini kami telah melaksanakan acara

DALIL NAQLI (AL-QUR’AN & HADITS) HARAMNYA PEMIMPIN KAFIR

Aby Zen & Umy Windy – Banyak yang lalai dari kita Umat Islam dengan alasan toleransi, rela menyerahkan urusan dunianya hingga akhirat ke selain Umat Islam. Akibatnya hak-hak kita sebagai Umat Islam di abaikan bahkan di lindas dengan kerakusan, dan kebengisan mereka yang dasarnya memang begitu licik dan kafir. Menjadikan orang kafir sebagai pemimpin bagi umat Islam berarti menentang Alloh SWT dan Rasulullah SAW serta Ijma' Ulama. Memilih orang kafir sebagai pemimpin umat Islam berarti memberi peluang kepada orang kafir untuk "mengerjai, mempermainkan" umat Islam dengan kekuasaan dan kewenangannya. Berikut ini adalah sejumlah Dalil Qur'ani beserta Terjemah Qur'an Surat (TQS) yang menjadi dasar untuk bersikap dalam memilih pemimpin : 1.          Al-Qur'an melarang menjadikan orang kafir sebagai Pemimpin : a.     QS. Aali 'Imraan : 28. "Janganlah orang-orang mukmin mengambil orang-orang kafir menjadi WALI (PEMIMPIN / PELINDUNG) dengan meni

Manfaat Daun Sirsak dan Kulit Manggis

Manfaat Daun Sirsak Sebelum membahas terlalu jauh ada baiknya jika mengenal lebih detail buak sirsak ini. Menurut sumber wikipedia indonesia buah Sirsak disebut juga nangka belanda atau durian belanda  dengan nama latin Annona muricata L merupakan tumbuhan kaya manfaat yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Dalam saun sirsak mengandung senyawa Acetoginin (bulatacin, asimisin dan squamosin). Acetoginin ini dalam senyawa yang tinggi berfungsi sebagai anti feedent. Hama sekalipun enggan memakan daun pohon sirsak, dalam konsentrasi rendah bisa menyebabkan hama serangga yang memakannya akan mati. Di negara kita sendiri buah sirsak dikenal dengan berbagai sebutan yaitu nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), deureuyan belanda (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung). Penyebutan “belanda” dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa

Pengadaan PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Pengadaan Pegawai Negeri Sipil adalah kegiatan untuk mengisi formasi yang lowong. Pada umumnya formasi yang lowong disebabkan adanya Pegawai Negeri Sipil yang berhenti, pensiun, meninggal dunia atau adanya perluasan organisasi, yang kemudian ditetapkan dalam keputusan Menteri yang bertanggung jawab di bidang pendayagunaan aparatur negara Karena tujuan pengadaan Pegawai Negeri Sipil untuk mengisi formasi yang lowong, maka pengadaan Pegawai Negeri Sipil harus berdasarkan kebutuhan, baik dalam arti jumlah maupun kompetensi jabatan yang diperlukan. Setiap Warga Negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil setelah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. Syarat-syarat tersebut tidak boleh didasarkan atas jenis kelamin, suku, agama, ras, golongan, atau Daerah.   Pengadaan Pegawai Negeri Sipil hanya diperkenankan dalam batas formasi yang telahditetapkan, dengan memprioritaskan: 1. Pegawai